ARTIKEL
Komentar (0)
Mulailah Kenali Potensi Unik Anak
Mulailah Kenali Potensi Unik Anak
Kamis, 28 Maret 2013 | 10:10 AM

Pernahkah anda mencoba menuliskan 3 (tiga) potensi yang anda miliki? Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk mengenali potensi apa yang ia miliki. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang baru mengenali potensi dirinya setelah berusia 30, 40 bahkan 50 tahun. Tentu hal ini jangan sampai terulang pada diri anak-anak kita.

Sebelum terlambat, mari bantu anak-anak kita untuk memunculkan potensi mereka sejak dini. Elly Risman, psikolog dan pakar parenting dari Kita Dan Buah Hati Foundation mengungkapkan, potensi anak bisa digali jika orangtuanya mau menggali kelebihan anak-anaknya dengan cara yang tepat. Berikut tips yang diberikan oleh Elly Risman:

Mulai sekarang, cobalah untuk:
1. Percaya bahwa setiap anak adalah istimewa. Mulai sekarang cobalah untuk berbicara, memperlakukan serta bersikap terhadap anak dengan cara yang istimewa.
2. Mengenali minat anak. Observasi dan amati minat apa yang dimiliki anak. Cukup tinggi atau tidakkah minatnya pada bidang tertentu? Bertahan lama atau tidak? Apakah kemampuannya makin meningkat atau tidak?
Jangan lupa untuk selalu tanamkan pondasi pemahaman bahwa minatnya merupakan salah satu bentuk beribadah yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Bisa jadi skill/kemampuan dari minatnya tersebut tidak hanya berguna membantu orang lain tapi juga bisa menjadi sumber hidupnya kelak.
3. Mengenali modalitas belajar anak. Orangtua perlu memahami bahwa tingkat kecerdasan setiap anak berbeda-beda. Baik kecerdasan emosi, sosial, fisik, spiritualis dsb. Pahami juga bagaimana cara otak bekerja. Anak hanya akan melakukan sesuatu hal dengan maksimal jika ia menyukai hal atau bidang tersebut. Sehingga jangan dipaksakan bila anak tidak menyukai bidang yang kita arahkan padanya.
4. Mengenali apa itu bermain. Saat anak masih kecil, kita bisa mengamati minat bakatnya dari cara anak-anak kita bermain. Misalnya si kecil suka jadi montir mobil, siapa tahu kelak ia punya kemampuan dibidang itu ketika besar nanti? Bermain pun memberi orangtua kesempatan untuk mengobservasi dan memberikan latihan-latihan untuk mengarahkan potensi anak. Dari situ akan terlihat ke arah mana anak memiliki ketertarikan yang besar.(irm)

comments powered by Disqus


"Join Here"
Together with Kita dan Buah Hati Foundation, you can obtain right, good and fun information on parenting.
Join us
Join the 75,000 people following Kita dan Buah Hati Foundation.
icon facebook
icon twitter