ARTIKEL
Komentar (0)
Kiat Menghindarkan Anak dari Ancaman Narkoba
Kiat Menghindarkan Anak dari Ancaman Narkoba
Kamis, 07 Februari 2013 | 12:05 AM

Penemuan narkoba jenis baru beberap waktu lalu dan semakin leluasanya pengedar atau bandar narkoba dalam menjaring korban di Indonesia kondisinya semakin mengkhawatirkan. Elly Risman, Psikolog dan Pakar Parenting dari Yayasan Kita Dan Buah Hati menegaskan kembali perlunya peran aktif orangtua sebagai pihak pertama yang harus melindungi sekaligus menghindarkan anak-anaknya dari ancaman narkoba.

Menurut Elly Risman, orang tua saat ini harus merubah pola asuhnya agar anak bisa terbuka dan berkomunikasi dengan baik kepada orangtuanya, sehingga mereka tidak mencari perhatian diluar rumah dan terjerat narkoba, dengan cara:

1. Menjadi askable parent, orangtua yang selalu terbuka dan siap menjadi tempat bertanya untuk memenuhi keingintahuan anak-anak.
2. Lebih banyak menggunakan kedua telinga kita ketimbang menggunakan mulut untuk mendengarkan keluh kesah dan perasaan anak-anak. (kurangi banyak nasihat)
3. Biasakan menggunakan kalimat bertanya saat berbicara dan berdiskusi dengan anak-anak. Misalnya, saat anak bercerita tentang temannya yang mengajak bolos, jawablah dengan 'ooh tadi temanmu mengajak kamu bolos, lalu apa jawabanmu nak? menurutmu sendiri bagaimana?'
Pertanyaan yang kita ajukan akan merangsang kemampuan anak untuk berpikir mengenai kesadaran sebab akibat sebuah kejadian. Saat itulah orangtua sedang berperan meng'install' otak anaknya tentang KESADARAN DIRI.
4. Bicarakan dengan anak mengenai dampak bahaya narkoba terhadap otak dengan pemahaman AGAMA, agar anak mengerti bahwa mengonsumsi narkoba adalah HARAM hukumnya.

Mengasuh anak dengan benar, baik dan menyenangkan melalui komunikasi terbuka, hangat dan penuh kasih sayang serta selalu serta berpegang pada agama merupakan pondasi kuat yang bisa kita ciptakan untuk menghindari anak dari bahaya narkoba. Jadi, mulai hari ini rangkullah buah hati tercinta tidak hanya tubuhnya, tapi juga jiwa dan pikirannya.(Irm)

comments powered by Disqus


"Join Here"
Together with Kita dan Buah Hati Foundation, you can obtain right, good and fun information on parenting.
Join us
Join the 75,000 people following Kita dan Buah Hati Foundation.
icon facebook
icon twitter